Praktikum 9 membuat aplikasi sentrigun dengan memadukan konsep RCWS dan MAP dengan Aplikasi Delphi embarcadero

 

 


 PROJECT 9 MEMBUAT CENTRIGUN DENGAN MEMADUKAN KONSEP RCWS DAN MAP DENGAN APLIKASI DELPHI

1.            Tujuan

a.            Agar bintara mahasiswa mampu membuat animasi senjata sentrigun serta menerapkannya pada Aplikasi  Delphi.

b.            Agar Bintara mahasiswa mampu mejalankan software dan mengcoding pada Delphi.

 

2.         Alat dan Bahan       : 

a.         Laptop;

b.        Aplikasi Delphi;

c.        Tool Tlabel;

d.        Tool Shape;

e.        Tool Edit.

f.        Timage.

 

3.         Dasar teori               :

            Membuat centigun dengan aplikasi Delphi Embarcadero yang memiliki konsep berputar sesuai derajat mengarah ke sasaran saat dimasukkan input huruf atau angka pada TEdit melibatkan beberapa konsep dan komponen dalam pengembangan perangkat lunak. Berikut adalah dasar teori dan langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

Dasar Teori:

  1. Aplikasi Delphi Embarcadero:
    • Delphi Embarcadero adalah suatu lingkungan pengembangan perangkat lunak (IDE) yang memungkinkan Anda membuat aplikasi dengan mudah menggunakan bahasa pemrograman Delphi. 
  1. Rotasi Objek:
    • Untuk mencapai efek berputar, Anda perlu memahami konsep rotasi objek dalam ruang 3D. Dalam konteks ini, fokus pada rotasi objek dalam ruang 3D, karena gunakanannya untuk aplikasi Delphi yang biasanya berbasis 3D. 
  1. TEdit Component:
    • TEdit adalah komponen pada Delphi yang memungkinkan pengguna memasukkan dan memanipulasi teks. Ini dapat digunakan sebagai input untuk mengontrol berbagai aspek aplikasi.
  1. Timer Component:
    • Komponen Timer dapat digunakan untuk mengatur interval waktu tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Dalam konteks ini, timer dapat digunakan untuk mengatur perputaran objek setelah input dimasukkan.
  1. Grafika 3D:
    • Menggambar dan memanipulasi objek-objek grafis dalam ruang 3D menggunakan komponen grafis di Delphi adalah keterampilan yang diperlukan untuk mencapai efek berputar dengan baik.

 

Langkah-langkah Implementasi:

  1. Desain Interface dan Flow Chart:
    • Desain antarmuka pengguna dengan menambahkan TEdit sebagai tempat input dan menentukan objek visual yang akan berputar.


  2. Kode Pemrograman Rotasi:
    • Implementasikan kode untuk merotasi objek grafis dalam ruang 3D. Pastikan rotasi sesuai dengan nilai yang dimasukkan melalui TEdit.
  1. Kode Pemrograman Input Handling:
    • Tambahkan kode untuk menangani input dari TEdit. Misalnya, atur rotasi berdasarkan nilai yang dimasukkan, baik itu angka atau huruf tertentu.
unit Unit1;
interface

uses
  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
  Vcl.Imaging.jpeg, Vcl.Imaging.pngimage;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Image1: TImage;
    Shape6: TShape;
    Shape7: TShape;
    Shape8: TShape;
    Shape1: TShape;
    Shape2: TShape;
    Shape3: TShape;
    Shape4: TShape;
    Shape5: TShape;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    Label6: TLabel;
    Label7: TLabel;
    Label8: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Image2: TImage;
    Timer1: TTimer;
    Image3: TImage;
    Image4: TImage;
    Image5: TImage;
    Image6: TImage;
    Image7: TImage;
    Image8: TImage;
    Image9: TImage;
    Image10: TImage;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if edit1.Text='7' then
    begin
      shape1.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=True;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='Y' then
     begin
      shape2.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=True;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='U' then
     begin
      shape3.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=True;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='M' then
    begin
      shape4.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=True;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='6' then
     begin
      shape5.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=True;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='J' then
     begin
      shape6.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=True;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='H' then
    begin
      shape7.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=True;
      image7.Visible:=False;
      image10.Visible:=False;
    end

    else if edit1.Text='N' then
     begin
      shape8.Brush.Color:=ClRed;
      image3.Visible:=False;
      image4.Visible:=False;
      image5.Visible:=False;
      image6.Visible:=False;
      image7.Visible:=False;
      image8.Visible:=False;
      image9.Visible:=False;
      image10.Visible:=True;
    end
    else
    begin
    end;
    edit1.Text:='';
    Timer1.Enabled:=True;
end;  

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
shape1.Brush.Color:=ClGreen;
shape2.Brush.Color:=ClGreen;
shape3.Brush.Color:=ClGreen;
shape4.Brush.Color:=ClGreen;
shape5.Brush.Color:=ClGreen;
shape6.Brush.Color:=ClGreen;
shape7.Brush.Color:=ClGreen;
shape8.Brush.Color:=ClGreen;
Timer1.Enabled:=False;
end;
end.
  1. Timer untuk Perputaran:
    • Gunakan komponen Timer untuk mengatur interval perputaran objek. Saat timer mencapai interval tertentu, objek akan dirotasi berdasarkan nilai input yang diberikan.
  1. Grafika 3D:
    • Manfaatkan kemampuan grafis Delphi untuk menggambar dan merotasi objek visual dengan mulus.
  1. Uji dan Optimasi:
    • Uji aplikasi dengan memasukkan berbagai input melalui TEdit dan pastikan bahwa objek berputar sesuai dengan nilai yang dimasukkan. Lakukan optimasi jika diperlukan.

Tips Tambahan:

  • Penggunaan Transformasi:
    • Pertimbangkan penggunaan transformasi (seperti rotasi) pada objek grafis untuk mencapai efek berputar yang tepat.

 

  • Pertimbangkan Aplikasi Praktis:
    • Pikirkan bagaimana konsep ini dapat diaplikasikan dalam konteks proyek atau aplikasi yang lebih besar. Misalnya, bagaimana efek berputar dapat digunakan dalam elemen permainan atau simulasi.

 

  • Dokumentasi Kode:
    • Dokumentasikan dengan baik kode yang Anda tulis untuk memudahkan pemahaman dan pemeliharaan di masa depan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memanfaatkan konsep dasar teori yang terkait, Anda dapat membuat aplikasi Delphi Embarcadero yang memiliki konsep centigun dengan efek berputar sesuai dengan input yang dimasukkan pada TEdit.

 

 l.         hasil foto dan video


Gambar 10. hasil percobaan



Video 10. hasil percobaan


6.         Kesimpulan

        Pembuatan centigun dalam aplikasi Delphi Embarcadero dengan konsep senjata yang berputar sesuai dengan derajat yang diarahkan ke sasaran saat dimasukkan input huruf atau angka pada TEdit melibatkan beberapa konsep dan langkah-langkah implementasi. Dalam konteks ini, kesimpulan dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Desain Interface:
    • Desain interface aplikasi menjadi kunci untuk mempermudah interaksi pengguna dengan elemen-elemen seperti TEdit. Dengan menambahkan elemen-elemen ini, pengguna dapat memberikan input yang akan mempengaruhi perputaran senjata.
  2. Manipulasi Grafis:
    • Konsep dasar rotasi objek dalam ruang 2D menjadi landasan utama dalam implementasi perputaran senjata. Penggunaan komponen grafis Delphi memungkinkan manipulasi objek secara visual, termasuk perubahan orientasi objek.
  3. Input Handling:
    • Penggunaan TEdit sebagai tempat input memberikan aplikasi kemampuan untuk menerima masukan berupa huruf atau angka. Pengelolaan input ini diimplementasikan untuk menentukan jumlah derajat rotasi senjata.
  4. Pemanfaatan Timer:
    • Komponen Timer digunakan untuk mengatur interval perputaran senjata. Dengan mengatur waktu tertentu, aplikasi dapat memberikan efek berputar yang mulus dan terkendali.
  5. Optimasi dan Uji Coba:
    • Proses optimasi dilakukan untuk memastikan bahwa perputaran senjata berjalan dengan lancar dan sesuai dengan nilai yang dimasukkan pada TEdit. Uji coba dilakukan dengan berbagai input untuk memastikan kinerja aplikasi dalam berbagai skenario.

Dengan mengikuti konsep dasar dan langkah-langkah implementasi di atas, aplikasi Delphi Embarcadero dengan senjata yang berputar sesuai dengan input pengguna pada TEdit dapat menciptakan pengalaman interaktif yang menarik dan bermanfaat. Pembuatan aplikasi semacam ini memadukan antarmuka pengguna yang baik, konsep dasar grafis, dan kemampuan manipulasi input, membuka potensi untuk pengembangan proyek yang lebih kompleks dan bermanfaat.

 

Komentar

Postingan Populer