Praktik 3 Pembuatan password dan menampilkan ShellExecute pada Delphi
PROJECT 3 PEMBUATAN PASSWORD
DAN MENAMPILKAN SHELLEXECUTE
1.
Tujuan
a. Agar
bintara mahasiswa mampu membuat tampilan Password dan menampilkan Shellexecute
pada Aplikasi Delphi 7.
b. Agar
Bintara mahasiswa mampu mejalankan software dan mengcoding pada Delphi 7.
2. Alat
dan Bahan :
a.
Laptop;
b.
Aplikasi
Delphi 7;
c.
Tool
Edit;
d.
Tool
Time;
e.
Tool
Shape; dan
f.
Shellexcute
Api.
3. Dasar
teori.
a. ShellExecute
Api dalam
Delphi 7 digunakan untuk menjalankan program atau mengakses file menggunakan
program default yang terkait dengan jenis file yang diberikan. API ini
memberikan kemampuan untuk memulai eksekusi file atau menjalankan perintah dari
baris perintah pada sistem operasi. Ini dapat sangat berguna dalam mengintegrasikan
akses ke program atau file eksternal dari dalam aplikasi Delphi Anda. Berikut
adalah beberapa kegunaan umum dari ShellExecute API dalam Delphi 7:
- Menjalankan Program Eksternal: Anda
dapat menggunakan ShellExecute untuk menjalankan program eksternal,
seperti menjalankan program email default untuk mengirim email atau
membuka browser web default untuk membuka URL tertentu.
- Membuka Berkas: Anda dapat membuka berkas
menggunakan program default yang terkait dengan jenis berkas tersebut.
Misalnya, Anda dapat membuka dokumen teks dengan program editor teks
default atau membuka file PDF dengan program pembaca PDF.
- Menjalankan Perintah Shell: Anda
dapat menggunakan ShellExecute untuk menjalankan perintah shell,
seperti membuka Command Prompt dan menjalankan perintah tertentu.
- Mengakses URL: Anda dapat menggunakan ShellExecute
untuk membuka browser web default dan mengarahkannya ke URL yang
ditentukan.
- Menjalankan Aplikasi dengan Parameter: Anda
dapat menjalankan program eksternal dengan menyediakan parameter tambahan,
seperti menjalankan program media player dengan nama file sebagai
parameter.
Contoh
penggunaan ShellExecute dalam Delphi 7:
Pada contoh di
atas, ShellExecute akan menjalankan program "notepad.exe"
dengan menggunakan program default yang terkait dengan jenis berkas .txt
(misalnya Notepad) dan menampilkannya di layar.
Penting untuk
dicatat bahwa fungsi ShellExecute dapat kembali beberapa nilai yang
mengindikasikan apakah operasi berhasil atau tidak. Anda dapat merujuk ke
dokumentasi Delphi 7 untuk lebih lanjut tentang nilai-nilai pengembalian ini
dan cara menggunakannya untuk penanganan kesalahan.
b. Komponen TEdit adalah elemen
antarmuka pengguna (UI) yang digunakan untuk mengizinkan pengguna memasukkan
atau mengedit teks. Ini adalah salah satu komponen paling dasar dalam
pengembangan aplikasi berbasis Windows menggunakan Delphi.
Berikut beberapa kegunaan
umum dari komponen TEdit dalam pengembangan aplikasi menggunakan Delphi 7:
·
Input
Pengguna: TEdit digunakan untuk mengizinkan pengguna memasukkan teks atau data.
Ini dapat berupa input nama pengguna, kata sandi, alamat email, angka, atau
informasi lain yang diperlukan dalam aplikasi.
·
Pengeditan
Data: TEdit memungkinkan pengguna untuk mengedit data yang telah dimasukkan
sebelumnya. Misalnya, pengguna dapat mengedit teks dalam kotak teks untuk
memperbarui informasi yang tersimpan.
·
Pencarian
dan Penyaringan: Dalam beberapa kasus, TEdit dapat digunakan sebagai bagian
dari alat pencarian atau penyaringan. Pengguna dapat memasukkan teks dalam
kotak teks untuk mencari data tertentu atau memfilter data yang ditampilkan
dalam aplikasi.
·
Pengaturan
Konfigurasi: TEdit dapat digunakan untuk mengizinkan pengguna mengatur
konfigurasi atau preferensi aplikasi. Misalnya, pengguna dapat memasukkan
ukuran font, warna latar belakang, atau pengaturan lainnya melalui kotak teks.
·
Validasi
Input: Anda dapat menggunakan TEdit untuk memvalidasi input pengguna. Misalnya,
jika Anda ingin pengguna memasukkan angka saja, Anda dapat mengatur batasan dan
memastikan hanya angka yang valid yang dapat dimasukkan.
c. komponen TTimer adalah alat yang sangat berguna
untuk mengatur tugas-tugas yang harus dijalankan secara berulang atau setelah
jangka waktu tertentu. TTimer memungkinkan Anda untuk membuat peristiwa
(event) yang akan dipicu secara otomatis dalam interval waktu yang telah
ditentukan. Ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin menjalankan kode tertentu
secara berkala, seperti pembaruan tampilan, sinkronisasi data, atau tugas
lainnya yang perlu dijalankan secara terjadwal.
Berikut adalah beberapa kegunaan umum dari komponen TTimer
dalam pengembangan aplikasi menggunakan Delphi 7:
·
Pembaruan Tampilan: Anda dapat menggunakan TTimer
untuk memperbarui tampilan atau elemen-elemen antarmuka pengguna (UI) pada
interval waktu tertentu. Ini sangat berguna ketika Anda ingin menampilkan
informasi yang berubah secara dinamis.
·
Pemantauan Status: TTimer dapat digunakan
untuk memeriksa status atau kondisi tertentu dalam aplikasi pada interval
tertentu. Misalnya, Anda dapat memeriksa koneksi jaringan atau status perangkat
keras.
·
Pembaruan Data: Jika Anda bekerja dengan data
yang perlu diperbarui secara berkala, TTimer dapat digunakan untuk
memicu proses pembaruan data dari sumber eksternal.
·
Animasi: TTimer dapat digunakan untuk membuat efek
animasi dengan mengubah properti dari komponen tertentu pada interval waktu
tertentu.
·
Sinkronisasi: Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengirim
atau menerima data dari sumber eksternal dalam interval waktu tertentu. TTimer
dapat digunakan untuk memicu proses sinkronisasi tersebut.
d. komponen TShape adalah komponen visual yang
memungkinkan Anda untuk membuat bentuk-bentuk dasar seperti persegi, lingkaran,
segitiga, dan lain-lain di dalam antarmuka pengguna aplikasi Anda. TShape
biasanya digunakan untuk tujuan estetika dan pemisahan visual elemen-elemen
antarmuka.
Berikut adalah beberapa kegunaan umum dari komponen TShape
dalam pengembangan aplikasi menggunakan Delphi 7:
·
Elemen Visual: TShape digunakan untuk menambahkan elemen
visual tambahan ke dalam formulir atau jendela aplikasi Anda. Ini dapat
membantu memperindah tampilan antarmuka pengguna.
·
Pemisahan: Dengan menggunakan TShape, Anda dapat
memisahkan visual antara elemen-elemen berbeda di dalam formulir atau jendela.
Ini dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi dan memahami bagian-bagian
yang berbeda dalam antarmuka.
·
Penunjuk: Kadang-kadang TShape digunakan sebagai
penunjuk atau penanda untuk menyoroti area tertentu dalam aplikasi. Misalnya,
Anda dapat menggunakan bentuk panah untuk menunjuk area tertentu pada gambar
atau diagram.
·
Status Indikator: TShape dapat digunakan
sebagai indikator status. Misalnya, Anda bisa menggunakan sebuah lingkaran
hijau untuk menunjukkan bahwa suatu proses telah selesai dengan sukses, atau
segitiga merah untuk menunjukkan adanya kesalahan.
·
Pemisah Baris: TShape bisa juga digunakan sebagai garis
pemisah antara elemen-elemen dalam formulir atau jendela.
4. Langkah Percobaan.
a.
Siapkan
Laptop dan aplikasi Delphi 7 yang akan digunakan untuk percobaan;
b.
Membuat
bagan FlowChart;
c. Membuka aplikasi Delphi 7;
Gambar 1. Tampilan Awal Delphi 7
Pada Langkah pertama kita dapat membuka aplikasi Delphi 7
dengan mendownload aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut sudah
terdownload kita dapat meng klik dua kali aplikasi tersebut untuk membukanya.
d. Melaksanakan pembuatan percobaan 3 dengan Langkah awal
membuat beberapa tool sebagai berikut degan meng klik “standard” pada toolbar
yang tersedia pada Delphi 7.
Gambar 2.
klik Toolbar
“standard”
e. Dilanjutkan dengan mengklik “label” pada toolbar yang
tersedia. Kita dapat memilih beberapa label sesuai kebutuhana. Dilanjutkan
mengganti “caption” dengan data pribadi
Gambar 3.
klik ”label”
padaToolbar “standard”
f. Kita lanjutkan dengan meng klik “button” pada toollbar
“standard” dan menganti captionnya sesuai dengan yang kita inginkan contoh
dengan kalimat “aktifkan”.
Gambar 4.
klik ”button”
padaToolbar “standard”
g.
Dilanjutkan
dengan kita mengklik tool “edit” dan kita kosongkan pada menu “imename”nya
untuk memasukkan sandi password
Gambar 5.
klik ”edit”
padaToolbar “standard”
h.
Setelah
selesai membuat data pribadi kemudian kita lanjutan menambahkan foto di project
tersebut dengan meng klik “additional” pada toolbar yang tersedia.
Gambar 6.
klik padaToolbar
“aditional”
i.
Klik
“image” dan “shape” pada kolom yang terdapat pada tool “additional”
Gambar 5.
klik ”image”
padaToolbar “additional”
j.
Klik
“system” dan dilanjutkan pilih “timer” untuk pengaturan tangga dan waktu
k.
Setelah
itu kita masukkan codding dengan cara mengklik duakali pada masing-masing tool
dan dilanjutkan dengan memasukkan coding
Gambar 6.
coding
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants,
System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.Imaging.jpeg, Vcl.ExtCtrls,
Shellapi,
Vcl.StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Shape1: TShape;
Shape2: TShape;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Label6: TLabel;
Label7: TLabel;
Label8: TLabel;
Label9: TLabel;
Label10: TLabel;
Button1: TButton;
Edit1: TEdit;
Button2: TButton;
Button3: TButton;
Image1: TImage;
Timer1: TTimer;
Button4: TButton;
Button5: TButton;
Button6: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button3Click(Sender: TObject);
procedure Button4Click(Sender: TObject);
procedure Button5Click(Sender: TObject);
procedure Button6Click(Sender: TObject);
procedure FormCreate(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
WS_tugas1:widestring;
url_tugas1:PWideChar;
WS_tugas2:widestring;
url_tugas2:PWideChar;
implementation
{$R *.dfm}
uses Unit2;
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
begin
if edit1.Text='okta888' then
begin
label1.Visible:=True;
label2.Visible:=True;
label3.Visible:=True;
label4.Visible:=True;
label5.Visible:=True;
label6.Visible:=True;
shape1.Visible:=True;
shape2.Visible:=True;
image1.Visible:=True;
Button4.Visible:=True;
Button5.Visible:=True;
end
else if edit1.Text='kom01' then
Begin
label1.Visible:=True;
label1.Caption:='NAMA:IMAM BAYHAQI';
label2.Visible:=True;
label2.Caption:='PANGKAT:SERTU';
label3.Visible:=True;
label3.Caption:='NOSIS:202207022-E';
label4.Visible:=True; label4.Caption:='ABSEN:1';
label5.Visible:=True;
label5.Caption:='KELAS : D4 KOM 7';
label6.Visible:=True;
shape1.Visible:=True;
shape2.Visible:=True;
Button4.Visible:=True;
Button5.Visible:=True;
image1.Visible:=True;
Image1.Picture.LoadFromFile('E:\D4 POLTEKAD\TELKOMIL SEMESTER 3\KOL NUR
RACH PRAKTIK BAHASA PEMOGRAMAN\FOTO KOM\1.BAIHAQI.jpeg');
WS_tugas1:='https://d4kom701.blogspot.com/2023/08/percobaan-1-membuat-tampilan-nama.html';
WS_tugas2:='';
url_tugas1:=PWideChar(WS_tugas1);
url_tugas2:=PWideChar(WS_tugas2);
End
else if edit1.Text='kom02' then
Begin
label1.Visible:=True;
label1.Caption:='NAMA:DEDI HERMANSYAH';
label2.Visible:=True;
label2.Caption:='PANGKAT:SERTU';
label3.Visible:=True;
label3.Caption:='NOSIS:202207023-E';
label4.Visible:=True;
label4.Caption:='ABSEN:2';
label5.Visible:=True;
label5.Caption:='KELAS : D4 KOM 7';
label6.Visible:=True;
shape1.Visible:=True;
shape2.Visible:=True;
Button4.Visible:=True;
Button5.Visible:=True;
image1.Visible:=True;
Image1.Picture.LoadFromFile('E:\D4
End
ELSE
begin
label8.Visible:=True;
end;
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender:
TObject);
begin
button6.Visible:=False;
label1.Visible:=False;
label2.Visible:=False;
label3.Visible:=False;
label4.Visible:=False;
label5.Visible:=False;
label6.Visible:=False;
shape1.Visible:=False;
shape2.Visible:=False;
image1.Visible:=False;
edit1.Text:='';
label8.Visible:=false;
Button4.Visible:=false;
Button5.Visible:=false;
end;
procedure TForm1.Button3Click(Sender:
TObject);
begin
Form1.Close;
end;
procedure TForm1.Button4Click(Sender:
TObject);
begin
ShellExecute(0,'open',url_tugas1,'','',SW_SHOW);
end;
procedure TForm1.Button5Click(Sender:
TObject);
begin
ShellExecute(0,'open',url_tugas2,'','',SW_SHOW);
end;
procedure TForm1.Button6Click(Sender:
TObject);
begin
form2.show;
end;
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender:
TObject);
begin
label9.Caption:=FormatDateTime('dd/mm/yy',now);
label10.Caption:=FormatDateTime('hh/nn/ss',now);
end;
end.
Hasil Foto dan Vidio
6. Pembahasan
dan Kesimpulan
1. Pembahasan
Pada Percobaan 3 kita akan
menggunakan Delphi 7 dengan pemrograman menggunakan fungsi ShellExecııte.
ShellExecute berfungsi untuk membuka
LJRL Alamat web yang sudah kita masukkan coding sesuai tugas masing-masing Bamasis
dan langsung terkoneksi pada web browser diblog Bamasis. ShellExecute adalah
sebagai fungsi API Windows dalam Delphi 7 serta sering digunakan untuk
menjalankan aplikasi eksternal pada Aplikasi
Delphi 7. Fungsi tersebut terhubung dengan fungsi API Windows ShellExecute,
Selain membuka URL, Shellexecute juga dapat digunakan untuk membuka program,
mencetak dokumen serta mengirim Email.
Untuk menampilkan data dari
Bamasis sebanyak 26 orang pada kelas TELKOMIL TK2, kita gunakan struktur data
array. struktur data array dapat menampung data dengan tipe data yang sama.
Array terdiri dari bentuk dinamis dan statis. Dalam percobaan 3 kita
menggunakan Array statis dikarenakan jumlah Bamasis TELKOMIL TK2 tetap sebanyak
26 orang.
Setelah selesai pembuatan
tools dan coding pemograman, kita dapat menjalankan program dengan mengklik run
kemudian memasaukkan sandi pada tool edit sesuai sandi masing-masing bamasis
yang telah kita coding sebelumnya, jika sandi benar akan muncul data bamasis,
foto serta tugas Bamasis. Kemudian kita klik tugas Bamasis contoh “TUGAS 1”
akan muncul Alamat web browser dengan tugas Bamasis yang ada pada Blog Bamasis
tersebut.
2. Kesimpulan.
Fungsi ShellExecute
API dalam Delphi 7 digunakan untuk menjalankan program atau mengakses file
menggunakan program default yang terkait dengan jenis file yang diberikan. API
ini memberikan kemampuan untuk memulai eksekusi file atau menjalankan perintah
dari baris perintah pada sistem operasi. Ini dapat sangat berguna dalam
mengintegrasikan akses ke program atau file eksternal dari dalam aplikasi
Delphi Anda.
Fungsi
array dalam aplikasi Delphi yaitu untuk menyimpan dan mengelola kumpulan nilai
dengan tipe data yang sama. Dalam konteks aplikasi Delphi, array dapat
digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menyimpan data, mengelola tampilan
data, dan melakukan perhitungan.
-
Array
dapat diggunakan untuk menyimpan data yang memiliki struktur tetap
-
Array dapat membaca data dari file atau database, lalu
menyimpannya dalam array untuk diproses lebih lanjut. Ini dapat berguna saat
membaca dan memanipulasi data dalam aplikasi.
Komentar
Posting Komentar