Percobaan 6 Membuat Algoritma Perhitungan (Aritmatika)

 


 PROJECT 6 MEMBUAT ALGORITMA PENGHITUNG (ALGORITMA) MENGGUNAKAN APLIKASI DELPHI

1.            Tujuan

a.            Agar bintara mahasiswa mampu membuat Algoritma perhitungan (Aritmatika) pada Aplikasi  Delphi.

b.            Agar Bintara mahasiswa mampu mejalankan software dan mengcoding pada Delphi.

 

2.         Alat dan Bahan       : 

a.         Laptop;

b.        Aplikasi Delphi;

c.        Vses Math;

d.        Strtolnt;

e.        Strtofioat;

f.        Inttostr

g.        Floattostr

 

3.         Dasar teori               :

      Pembuatan kalkulator aritmatika dalam Delphi Embarcadero melibatkan pemahaman tentang beberapa konsep dan komponen dasar dalam pengembangan aplikasi. Berikut adalah dasar teori yang dapat menjadi panduan untuk membuat kalkulator aritmatika dengan Delphi Embarcadero:

  1. Aplikasi Delphi Embarcadero:
    • Delphi Embarcadero adalah Integrated Development Environment (IDE) yang memungkinkan pengembangan aplikasi secara cepat menggunakan bahasa pemrograman Delphi. Ini menyediakan berbagai komponen dan alat untuk membangun antarmuka pengguna yang interaktif.
  2. Komponen TEdit untuk Input:
    • Komponen TEdit digunakan sebagai area input untuk memasukkan angka atau operasi matematika. Pengguna dapat memberikan input melalui keyboard atau dengan mengetuk tombol di antarmuka.
  3. Komponen Tombol untuk Operasi:
    • Tombol-tombol di antarmuka digunakan untuk merepresentasikan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Setiap tombol dapat diatur untuk melakukan operasi tertentu ketika ditekan.
  4. Manipulasi String dan Bilangan:
    • Pemahaman cara mengonversi input dari TEdit yang awalnya berupa string menjadi nilai bilangan adalah kunci. Operasi aritmatika kemudian dapat dilakukan dengan menggunakan nilai bilangan ini.
  5. Event Handling:
    • Event handling atau penanganan peristiwa menjadi penting untuk menanggapi interaksi pengguna, seperti ketika tombol-tombol di tekan. Setiap tombol dapat dihubungkan dengan event handling yang akan menjalankan operasi tertentu.
  6. Operasi Aritmatika:
    • Pemahaman dasar tentang operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) perlu diterapkan. Setelah mendapatkan nilai input, kalkulator harus mampu menjalankan operasi ini dengan benar.
  7. Tampilan Hasil:
    • Tampilan hasil operasi aritmatika harus diperbarui setelah pengguna menekan tombol hasil (=). Ini membutuhkan manipulasi nilai dan penyesuaian tampilan pada antarmuka pengguna.
  8. Handle Kesalahan:
    • Penting untuk menangani kasus-kasus khusus, seperti pembagian dengan nol atau input yang tidak valid. Hal ini memastikan bahwa kalkulator dapat memberikan hasil yang benar dan menghindari kesalahan atau bug.
  9. Peningkatan Antarmuka Pengguna:
    • Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Anda dapat mempertimbangkan penambahan fitur seperti penghapusan satu digit (backspace), pengaturan desimal, dan lainnya.
  10. Optimasi Kode:
    • Menyusun dan mengoptimalkan kode program secara efisien untuk memastikan bahwa kalkulator bekerja dengan cepat dan responsif.

Dengan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep di atas dan penerapannya dalam Delphi Embarcadero, Anda dapat membuat kalkulator aritmatika yang fungsional dan mudah digunakan.

 

4.         Langkah Percobaan.

 

a.            Siapkan Laptop dan aplikasi Delphi yang akan digunakan untuk percobaan;

b.            Membuat bagan FlowChart;









b.         Membuka aplikasi Delphi 7;

                     

Gambar 1. Tampilan Awal Delphi 7

Pada Langkah pertama kita dapat membuka aplikasi Delphi 7 dengan mendownload aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut sudah terdownload kita dapat meng klik dua kali aplikasi tersebut untuk membukanya.

 

c.         Melaksanakan pembuatan password dengan meng klik “standard” pada toolbar yang tersedia pada Delphi 7.

 

Gambar 2. klik Toolbar “standard”

 

f.             Dilanjutkan dengan mengklik “label” pada toolbar yang tersedia. Kita dapat memilih beberapa label sesuai kebutuhana. Dilanjutkan mengganti “caption” dengan data pribadi

           


Gambar 3. klik ”label” padaToolbar “standard”

 

g.            Kita lanjutkan dengan meng klik “button” pada toollbar “standard” dan menganti captionnya sesuai dengan yang kita inginkan contoh dengan kalimat “aktifkan”.

 


Gambar 4. klik ”button” padaToolbar “standard”

 

h.            Dilanjutkan dengan kita mengklik tool “edit” dan kita kosongkan pada menu “imename”nya untuk memasukkan sandi password

 

Gambar 5. klik ”edit” padaToolbar “standard”

 

i.              Setelah selesai membuat data pribadi kemudian kita lanjutan menambahkan foto di project tersebut dengan meng klik “additional” pada toolbar yang tersedia.           

Gambar 6. klik padaToolbar “aditional”

 

j.              Klik “image” dan “shape” pada kolom yang terdapat pada tool “additional”

 


Gambar 7. klik ”image” padaToolbar “additional”


k.            Klik “system” dan dilanjutkan pilih “timer” untuk pengaturan tangga dan waktu


Gambar 8. klik ”timer” padaTool “system”

l.              Setelah itu kita masukkan codding dengan cara mengklik duakali pada masing-masing tool dan dilanjutkan dengan memasukkan coding

           


Gambar 9. coding

unit Unit1;

interface

uses

  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,

  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs,Math, Vcl.StdCtrls, Vcl.Imaging.jpeg,

  Vcl.ExtCtrls;

type

  TForm1 = class(TForm)

    Label1: TLabel;

    Label2: TLabel;

    Label3: TLabel;

    Edit1: TEdit;

    Edit2: TEdit;

    Label4: TLabel;

    Edit3: TEdit;

    Button1: TButton;

    Button2: TButton;

    Button3: TButton;

    Button4: TButton;

    Button5: TButton;

    Button6: TButton;

    Button7: TButton;

    Image1: TImage;

    Button9: TButton;

    Button8: TButton;

    procedure Button1Click(Sender: TObject);

    procedure Button2Click(Sender: TObject);

    procedure Button3Click(Sender: TObject);

    procedure Button4Click(Sender: TObject);

    procedure Button5Click(Sender: TObject);

    procedure Button6Click(Sender: TObject);

    procedure Button7Click(Sender: TObject);

    procedure Button9Click(Sender: TObject);

    procedure Button8Click(Sender: TObject);

  private

    { Private declarations }

  public

    { Public declarations }

  end;

var

  Form1: TForm1;

  A,B,hasil:real;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

B:=strtofloat(edit2.Text);

hasil:= A+B;

edit3.text:=floattostr(hasil);

end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

B:=strtofloat(edit2.Text);

hasil:= A-B;

edit3.text:=floattostr(hasil);

end;

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

B:=strtofloat(edit2.Text);

hasil:= A*B;

edit3.text:=floattostr(hasil);

end;

procedure TForm1.Button4Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

B:=strtofloat(edit2.Text);

hasil:= A/B;

edit3.text:=floattostr(hasil);

end;

procedure TForm1.Button5Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

B:=strtofloat(edit2.Text);

hasil:= power(A,B);

edit3.text:=floattostr(hasil);

end;

procedure TForm1.Button6Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);

edit3.text:=floattostr(sin(pi*A/180));

end;

procedure TForm1.Button7Click(Sender: TObject);

begin

A:=strtofloat(edit1.Text);


edit3.text:=floattostr(round(cos(pi*A/180)*100)/100);

end;

procedure TForm1.Button8Click(Sender: TObject);

begin

Edit1.text:='';

Edit2.text:='';

Edit3.text:='';

end;

procedure TForm1.Button9Click(Sender: TObject);

begin

Form1.Close;

end;

end.

 l.         hasil foto dan video


Gambar 10. hasil percobaan






6.         Kesimpulan

                 SProgram aritmatika kalkulator penghitungan yang terdapat dalam unit Unit1 ini merupakan aplikasi sederhana untuk melakukan operasi aritmatika dasar dan beberapa fungsi matematika. Berikut adalah kesimpulan terkait program ini:

Program ini menggunakan pendekatan pemrograman event-driven, di mana fungsi-fungsi seperti Button1Click hingga Button9Click akan dijalankan saat suatu event (misalnya, tombol diklik) terjadi.

Keseluruhan, program ini dirancang untuk memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan perhitungan matematika dasar dan fungsi tambahan melalui antarmuka pengguna yang ramah. Implementasinya menggunakan Delphi atau Lazarus dengan memanfaatkan komponen-komponen dari VCL.

Komentar

Postingan Populer